hai, kali ini aku rada free, jadi bisa nulis yang agak panjang lagi. sekarang isinya tips ala-ala kirahfz yaa, jadi ini ada beberapa hal yang udah aku coba lakuin, dan sepertinya akan bermanfaat juga kalau temen-temen cobain hehe.

Tips Menghilangkan Stress ala Kirahfz

yang pertama ini bukan berarti yang paling utama yaa, tergantung sikon pokoknya. kuy, simak! 

1. Mencuci Piring

nah, ini salah satu cara menghilangkan stress yang aku suka. udah ada penelitian tentang ini kok, coba baca di sini yaaa. aku udah sering praktik, dan emang entah karena sugesti atau apa, setelah nyuci piring rasanya jadi lebih ayem gituu bawaannya. makanya, kadang kalau aku sendiri ga ada piring kotor, aku suka nyuciin piring temen-temen di kosan heuheuheu.

2. Wudhu

kalau ini buat yang muslim yaa, pas lagi stress dan ga bisa mikir lagi, paling enak ambil air wudhu. segeerrr, kantuknya ilang, stressnya juga bisa ikut ilang. abis itu lanjut shalat, atau baca qur’an, insyaAllah kondisi batinnya lebih baik. kalau aku biasanya sehabis shalat dipuas-puasin curhat sama Allah-nya, baru abis itu baca bismillah dulu trus buka qur’an-nya random gituu, baca ayatnya beberapa, lalu baca artinya. nah, biasanya ayat tersebut mewakili perasaan kita saat itu, atau bisa juga jawaban dari kegelisahan kita dll.

3. Jalan Kaki

jalan kaki sambil menghirup udara segar dan menikmati suasana sekitar. kadang, stress itu karena kita terlalu sibuk memikirkan satu hal, lalu lupa mensyukuri yang jelas-jelas ada di depan mata. kalau aku, biasanya keluar bentar, jalan-jalan, tarik napas – tahan napas – keluarkan. sambil bisikin diri sendiri, “kamu gak sendirian, met. masih ada Allah. Allah pasti bantuin. sekarang jalanin aja dulu, serahin hasilnya ke Allah.” gituu terus sampe lega. pokoknya kasih afirmasi positif, jangan sampai pikiran negatif terus menguasai pikiran kita. jalan kaki juga bikin kita sehat, karena nggak jarang sih kita stress itu gara-gara kurang gerak hehehe.

4. Tidur

sebelum tidur, wudhu atau bersihin badan dulu. minum air putih yang cukup. baca doa sebelum tidur. beresin tempat tidurnya (ditebahi), trus kasih afirmasi positif, biasanya sih bangun-bangun lebih fresh. usahakan matikan lampu, jauhkan gadget. pokoknya sebisa mungkin ciptakan suasana yang tenang. kasih aromatherapy juga bisaa heuheuheu.

5. Makan

makan makanan favorit, kalau aku sih biasanya makan yang seger-seger kayak PatBingsoo, es buah, es oyen, es krim, rujak es krim, milk greentea, cokelat panas, ya yang gitu-gitu deh. yang penting makannya dihayati, bener-bener dinikmati, sambil senyum, atur napasnya. biasanya sih abis itu seneng lagi, stress-nya ilang, perut kenyang, hati senang heuheuheu.

6. Mandi

nah, kayaknya ini juga bisa ngilangin stress. karena mandi bikin badan segeerrr. kalau aku, biasanya suka scrubbing gitu, biar makin greget aja. dan kalau udah menghayati banget scrubbing-nya, setelah itu biasanya aku lebih relax, bahkan saking relax-nya aku sampe ngantuk heuheuheu. abis itu tidur, waaahh bangun-bangun badan masih wangi, dan pikiran lebih fresh heuheuheu.
kayaknya sih itu aja tipsnya nanti kalau kepikiran yang lain aku tambahin lagi. intinya, kalau sekiranya lagi stress jangan hanya sekedar apdet status lalu ngumumin ke orang-orang kalau sendirinya lagi bete — lagi stress, tapi sebisa mungkin kita mengolah rasa, dan menghilangkan pikiran negatif dengan cara memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri.

terima kasih sudah mampir. semoga ada manfaat yang bisa kalian ambil ya, jangan lupa share ke temen-temen kalian biar ngga ada yang stress lagi di sekitar kaliaannn!

sampai, jumpa.

-kirahfz

(Visited 207 times, 1 visits today)

1 Comment on Tips Menghilangkan Stress ala Kirahfz 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.