Tabungan BNI Syariah

assalaamu’alaykum :3

sambil ngumpulin mood buat nggambar lagi, mau cerita pengalaman perdana buka rekening di bank. sebelumnya aku pakai tabungan dari kampus, jadi udah diurusin langsung pas pembagian KTM dulu.

sebenernya udah lama pengen ganti tabungan, tapi diminta nikah dulu biar jelas sumber dananya. akhirnya, hari ini ke bank setelah urusan rumah pelan-pelan beres. heuheuheu, maklum, ibu rumah tangga, kerjaannya banyak haha.

bank yang akhirnya kami pilih adalah BNI Syariah, kalau tanya kenapa bisa milih bank ini, mungkin mas yang bisa jelasin ya. karena mas yang telaten bacain satu per satu produk tabungan yang ada di sini heuheuheu. sebelumnya mas udah punya rekening di BRI Syariah, tapi ada kendala pas transaksi internet banking suka error gitu. makanya mas nggak nyaranin aku buka rekening di situ lagi. akhirnya waktu itu pilihannya ada dua, mandiri atau BNI. aku gatau kenapa akhirnya mas memutuskan buat milih BNI ya, eh… lebih tepatnya aku udah dijelasin tapi lupa heuheuheu.

oke, lanjut ke intinya aja ya. mungkin ada yang bingung gimana cara buka rekening di BNI Syariah, langsung ajaa ke cerita utama ini.

yang pertama perlu dilakukan tentu saja datang ke KCP terdekat dan bawa KTP asli plus uang minimal 100 ribu, ya kalau aku di Bantul, kira-kira 10km dari rumahku. hehe.

kedua, nanti pas ditanya satpam, bilang aja mau buka rekening. eh, sebelumnya jangan lupa jawab salam dari mas satpam ya heuheuheu. nah di situ satpam bakal memastikan kalau kita mau buka rekening BNI Syariah, bukan BNI biasa. karena pengalaman tadi, masih banyak yang menganggap BNI di situ tu BNI biasa.

kalau udah, kita nanti dikasih nomer antrian CS. sambil nunggu dipanggil, kita dikasih form gitu. diisi dulu biar nggak nglangut yakan.

tadi sih aku dateng sampe situ jam 9.17, sepi. kalau urusan dengan teller sih bisa cepet, hitungan detik kelar karena emang sepi. tapi karena aku antri CS, yang kebetulan sebelum aku itu ada yang ngurus haji, jadi lama deh. kayaknya aku dipanggil lagi tu jam 10an, aku lupa nggak buka hp soalnya takut nggak fokus pas dipanggil. maklum, nggak pakai speaker jadi manual gitu.

pas di CS ditanya keperluannya apa, ya jelasin aja maksud dan kehendak kita mau apa. kalau udah, nanti diminta KTP asli, sama form yang udah kita isi tadi. trus ditanya mau buat tabungan yang apa, karena jenisnya kan banyak ya. aku pilih yang Tabungan iB Hasanah. itu yang biasa, karena ada yang haji, ada juga yang bisnis gitu. kalau mau tau lebih jelasnya bisa cek di websitenya BNI Syariah.

nah, kalau udah, kita bakal ditanya mau akad yang mana. jadi kalau di BNI Syariah itu ada dua akad, yang pertama Wadiah (titip) dan yang kedua Mudharabah (bagi hasil). singkatnya, kalau kita pilih yang wadiahnggak ada potongan administrasi tiap bulan, yaa cuman nitip duit gitu gampangnya. sedangkan kalau yang mudharabah, ada biaya administrasinya kalau nggak keliru 5 ribu tiap bulan, dan ada bagi hasil. tadi pas liat di sana, sistem bagi hasilnya 18% untuk nasabah dan sisanya untuk pihak bank. mungkin bisa ganti-ganti ya? gatau deh. lebih jelasnya bisa baca-baca sendiri ya, soalnya aku milih yang akad wadiah hehe.

kenapa pilih yang akad wadiah? karena lebih nyaman aja kalau tanpa potongan biaya administrasi. trus saldo minimum yang mengendap juga lebih sedikit yakni 20 ribu, sedangkan yang akad mudharabah itu 100 ribu. dan berdasarkan pengalaman ini tadi, pas aku cek di mobile banking BNI, saldo yang tertulis memang dikurangi 20 ribu. jadi semisal temen-temen setor 100 ribu, kalau dicek di atm atau mobile banking gitu nggak tertulis 100 ribu tapi 80 ribu. karena yang 20 ribu mengendap, nggak bisa diambil. begitu kira-kira.

lanjut aja yaa…

kalau udah deal dengan akadnya, baru diproses deh. udah, pokoknya ikutin aja apa yang diminta sama CS-nya, soalnya agak ribet kalau dijelasin heuheuheu. yang jelas, siapin pin buat ATM ya. biaya pembuatan ATM 5 ribu, itu dah termasuk infaq 500 rupiah hehe. atm itu ada dua pilihan, mau dikasih nama kita apa enggak. kalau dikasih nama kita, nunggu semingguan gituu. aku sih males yaa, jadi pilih yang atm tanpa nama ajah hehe.

oiya, sekalian aja aktivasi mobile banking dan sms banking. biar nggak perlu bolak-balik. dan aku baru ngeh, kenapa tadi nggak sekalian aktivasi internet banking-nya ya hmmm.

kalau dah selesai, user dah disetting, pin juga udah, berarti urusan di CS udah selesai. saatnya duduk manis di kursi tunggu, trus nunggu dipanggil sama teller deh. cepet sih tadi, soalnya nggak ada yang antri di teller. di sana kita kasih setoran pertama, minimal 100 ribu ya. trus ditanya, untuk biaya pembuatan ATM mau diambilkan dari setoran utama atau bayar sendiri? kalau aku mending bayar sendiri biar tabungannya utuh heuheuheu.

kalau udah, tinggal nunggu bukunya jadi, daan bisa pulang. jangan lupa ucapkan terima kasih, dan jawab salam dari petugasnya hehe.

karena pelayanannya menyenangkan, aku jadi semangat nabuung heuheuheu. doain, semoga istiqomah :”)

udah ya, segitu aja ceritanya, semoga ada manfaat yang bisa diambil dari postingan random ini.

sampai, jumpa!

(Visited 141 times, 1 visits today)

Leave a Reply