Random Talk #8

yaelah, lama nggak muncul, sekalinya muncul masih random gini. heuheueheu. gapapa, kali ini mau bahas sedikit tentang ransomware yang akhir-akhir ini tengah menarik perhatian masyarakat Indonesia. kuylah, simak!

jadi, ceritanya sejak pertama kali punya hape android, mmm mungkin kelas XI atau X SMA, aku suka otak-atik itu hp. bootloop itu dah biasa, karena emang masih selo jadi ya bisa fokus benerinnya misal bootloop.

tapi, sejak awal kelas XII, pas itu baru dibeliin hp baru, dan langsung aku otak-atik, dan akhirnya mati total wqwq. karena bingung gatau harus diapain, dan pas itu lagi sibuk-sibuknya praktikum biologi, yasudah, menyerah lalu menyerahkan ke ahlinya. wqwq anak smaven pasti tau siapa yang benerin haha.

lalu, di akhir tahun 2014, aku kembali iseng otak-atik hp, dan… gagal lagi. alhasil hp itu mati total karena emang akunya keterlaluan, kalau gak salah pas mau partisi memorinya, dan aku keliru seri hp. kayaknya sih. jadi sejak oktober sampe akhir desember aku ngga pake smartphone karena emang ngga berani bilang kalau hp-ku rusak. jadi cuma pake hp kecil nokia biasa, yang cuma bisa buat telfon sama sms. untuk keperluan lain, aku install aplikasi di laptop, apa ya namanya… kok aku lupa wkwk. pokoknya waktu itu masih bisa wasapan, jadi gak kudet info kelas.

nah, di akhir desember itu aku dikasih hp baru, dengan syarat hp lama harus bener. duh, susah. udah coba install ulang, tetep susah. akhirnya, menyerah, dan hampir menghubungi orang lama itu lagi, tapi nggak jadi, akhirnya dibawa ke service center mwehehe.

dah, sejak kasus itu, aku nggak mau lagi ngotak-atik hp, atau laptop. pokoknya gamau ambil resiko, karena udah bener-bener kapok huahaha.

dan, beberapa bulan setelah itu, tiba-tiba laptop ada virusnya. dan aku bete karena virusnya aneh… banget. akhirnya, karena nggak mau ribet, diinstall ulang aja deh. trus sekalian ditambahin ram-nya, karena sejak awal dah dibilangin kalau beli laptop yang ram-nya agak besar sekalian karena kebutuhanku lumayan banyak wqwq tapi karena nggak mau ribet, aku nurut aja dikiriminnya laptop apaan sama siom.

setelah laptop bersih, lega, akhirnya tiap mau install ini itu selalu chat dulu, tanya dulu, detail tanyanya, bahkan kalau aku dah males nyari link yang bener dan takut kenapa-kenapa, ya minta link sekalian jadi aku tinggal download dan install aja.

trus, pas install kan ada yang ribet gitu ya, apalagi kalau crack-crack-an gitu wqwq. padahal ya dah ada petunjuknya, tapi masih aja ngga teliti dan nggak telaten hehe. untung, ada yang selalu siap diajak team-viewer-an, dan aku tinggal nunggu beres itu laptop.

jadi, karena sejak awal emang dah nggak mau sembarangan install macem-macem, adanya info mengenai ransomware ini nggak kira terlalu bikin kaget. woles ae.

bahkan waktu itu cuma dibilangin, “dek, ada ini lho… virus wannacry… dulu tu gini gini gini…” dan aku cuma “oh”-in aja, karena nggak tertarik bahas itu. sampai akhirnya bapak juga ikut bahas, dan ternyata infonya udah nyebar kemana-mana, barulah ngeh.

dan, setiap ada BC, apapun, kalau tentang agama, atau tentang IT gini, selalu aku kirim dulu, untuk memastikan ini hoax apa enggak. termasuk pas banyak BC-an soal mengatasi virus ini, aku kirim dulu, dan mana yang harus aku lakuin.

kan ada yang sampe takut konek internet kan yaaa, lah kalau aku nggak pake internet kerjaanku gimana wqwq. akhirnya, ya aku dijelasin, asal nggak buka link aneh-aneh, nggak download aneh-aneh, nggak install aneh-aneh, insyaAllah aman.

eh, tapi aku tetep takut. karena ada beberapa file penting di laptop ini, akhirnya aku backup dulu ke HD. setelah itu, sedikit lega.

tapi…

paginya…

tau-tau ada yang aneh dengan laptopku.

jadi, pas itu aku mau ngerjain tugas, posisi mau balik ke Malang pagi-pagi, nah sebelum berangkat niatnya ngerjain tugas dulu. tapi…

pas aku mau ngetik huruf yang muncul selalu *, kan aku bingung. aku coba berkali-kali, tetep gitu. iya, aku tau itu numlock-nya nyala, tapi udah berusaha aku matiin, tetep aja gabisa.

akhirnya, setelah dikasih petunjuk, dan aku ikuti… ternyata bisa dimatiin. alhamdulillaah, lega.

beneran panik waktu itu, karena kalau sampe gabisa beres, gimana ngerjain tugasnya… gimana buka laptopnya, karena passwordnya pake huruf diantara itu. dan yang bikin bete adalah, kenapa kejadiannya pas mau balik Malang banget zzz.

tidak hanya sampai situ, pas di kereta, pas aku tidur hp posisi aku cas. bangun-bangun hp udah adem, itu artinya dah ngga ngecas, ya aku kira itu hp udah penuh… ternyata belum. ah, pikirku mungkin aliran listriknya mati. tapi, setelah kupikir-pikir lagi, masa iya mati cuma tempatku doank?

dan aku coba colokin ke laptop… lah, kok nggak konek. ini yang error laptopku, apa kabelnya. masalahnya, tadi sempet ada notif di laptop kalau ada malware yang kedetek di laptop. bwahaha panik lagi. tapi akhirnya nyadar kalau kabelnya yang rusak. dan lagi-lagi bete, kenapa rusaknya pas udah di kereta, dah mau ke Malang gini.

yaaah. gitu sih ceritanya, ketika aku hectic dengan virus. jadi, kalau di depan kalian keliatannya aku santai-santai aja, bisa bilang ini hoax itu hoax, tentu saja karena ada yang lebih paham soal ini itu daripada aku, dan kebetulan doi setia memahamiku dan menenangkanku ketika panik. heuheuheu.

udah sih, intinya, jangan aneh-aneh. jangan lupa tabayyun. pastiin dulu yang kita bagi ini bener apa enggak. jangan asal sebarin info. jangan memperkeruh suasana. dan, jangan merasa aman~~~

sampai, jumpa.

-kirahfz

(Visited 24 times, 1 visits today)

Leave a Reply