Random Talk #10

menjelang uas genap di tahun ketiga, ternyata, sampai juga ya.

dulu, awal masuk sini udah ngerasa salah jurusan, meski emang ini jurusan yang aku pilih dulu… sengaja milih ini biar lolos SNMPTN aja sih, karena nggak minat tes-tes yang lain heuheuheu.

dan, salah satu motivasi terbesarku untuk bertahan di sini adalah… dosen yang bilang “nggak papa kalau merasa salah jurusan, tetep dijalanin aja. anggap aja kuliah ini buat ngisi waktu luang, biar otaknya kerja terus. nanti lama-lama terbiasa, dan nggak masalah juga kalau lulusnya nggak kerja di bidang matematika.”

yaa, kira-kira begitulah.

akhirnya, sejak saat itu, ya aku bener-bener berusaha menikmati duniaku, menikmati kuliahku, menikmati matematika, menikmati hidup di kota ini.

sesederhana bodo amat dengan apa yang bakal aku tekuni nanti setelah lulus, aku rasa nggak ada salahnya belajar matematika, karena memang ini ilmu dasar yang bisa diterapin ke mana aja.

bagi sebagian orang memang untuk jadi seniman nggak perlu pinter matematika, tapi… bagiku kalau ada seniman yang pinter matematika, itu adalah seniman yang keren.

aku sebenernya nggak ada keinginan buat jadi seniman, tapi aku suka dengan mereka yang tertarik pada dunia seni. itulah mengapa, aku juga berusaha mencintai seni, dengan cara belajar matematika sambil nggambar.

oiya, sejak kecil aku didikte satu buah cita-cita yang menurutku mainstream banget sih, tapi ini lebih umum dibanding menyebutkan satu dua profesi. ya, bapak selalu bilang gini ketika aku nanya cita-citaku apa (pas SD) “menjadi orang yang bermanfaat bagi nusa, bangsa, negara, dan agama.” 

ya, sesederhana itu, biasa banget kan? tapi, dari situ aku mulai paham, kalau aku dibebasin mau jadi apa aja sama bapak, yang penting bermanfaat.

makanya, meski terlihat kebingungan mau jadi apa setelah lulus nanti, yang penting tujuannya baik; bermanfaat.

dan, berhubung udah mulai memasuki semester akhir, aku bener-bener harus prepare masa depanku. ada banyak rencana yang harus diwujudkan dalam waktu dekat, harus konsisten dengan tujuan utama, dan harus yakin kalau bisa menyelesaikan ini dengan tuntas.

yak, selamat uas, teman-teman Laskar 51, Punggawa 52, Prabu 53, dan Pusaka 54. semoga hasilnya memuaskan, dan berkah!

dapat salam dari jadwal uasku hehe.

semangaattt

hari pertama: analisis fungsional (nggak jelas) + pemodelan matematika (ttd only)
hari kedua: libur
hari ketiga: riset operasi (nggak jelas)
hari keempat: paket kombo! analisis real (nggak paham) + teori grup hingga (banyak teorema)
hari kelima: fungsi univalen (open book) + teori resiko (open book)
hari keenam: libur
hari ketujuh: fungsi khusus (nggak jelas) + pancasila (open book)
hari kedelapan: kapita selekta aljabar (ttd only)
hari kesembilan: pulang kampung!

ah, semoga sehat selalu, jadi untuk mata kuliah yang tidak jelas bagiku itu bisa aku selesaikan dengan penuh rasa bahagia. heuheuheu.

sampai, jumpa.

-kirahfz

(Visited 53 times, 1 visits today)

Leave a Reply