assalaamu’alaykum, teman-teman.

beberapa bulan ini aku selalu diingatkan bahwa segala sesuatu yang terlalu sering diumbar, lama-lama akan semakin hambar. maka kita perlu bijak, terlebih ketika bermain-main di dunia maya.

sebenarnya postingan ini juga menjadi salah satu alasan kenapa aku pengen melakukan detox sosmed. ya, karena memang tiba-tiba banyak akun yang sering mempublikasikan hal-hal yang aku rasa tidak pantas untuk diketahui orang lain, contoh; mengumbar foto mesra dengan kekasihnya, baik yang sudah halal, maupun yang belum.

saat ini aku sering banget baca pernyataan semacam “bebas dong, kan udah halal.”, ketika ada yang mengingatkan untuk tidak mengumbar foto mesra. sebenarnya, sosmed memang bebas, terserah si pemilik akun mau menjadikan akunnya bermanfaat, atau sekedar mengejar penilaian orang saja. dan kita, sebagai pemirsa atau followers, ya ada dua pilihan. memilih untuk terus mengingatkan, atau meninggalkan karena yang bersangkutan dirasa terlalu sulit menerima kritik dan saran.

kebiasaan mengumbar juga cenderung menunjukkan sikap riya’, karena seolah-olah segala sesuatu yang ia lakukan perlu dilihat oleh khalayak luas. yaa meski kita tidak pernah tau apa niat seseorang memposting hal itu sih, tapi kita perlu ingat bahwa; Barangsiapa menempatkan dirinya di tempat yang dapat menimbulkan persangkaan, maka janganlah menyesal kalau orang menyangka buruk kepadanya (Umar bin Khattab).

semoga kita juga selalu ingat bahwa segala sesuatu yang kita lakukan di dunia ini, kelak akan dipertanggung-jawabkan. jadi, kita perlu bijak dalam melakukan apapun, terlebih ketika bermain-main di dunia maya. selalu tanyakan pada diri sendiri ketika akan mengunggah sesuatu; bermanfaat untuk yang lihat, atau tidak? jika jawabannya tidak, ya sebaiknya dibatalkan saja.

yuk, bareng-bareng ciptain energi positif dari sosmed. biar isinya adem ayem, nggak ada perdebatan, iri, dengki, dan segala hal yang mengotori pikiran kita. caranya, ya sesederhana ubah postingan kita, share yang baik-baik saja, tidak perlu mengumbar kemesraan meski sudah halal.

semangat berproses.

sampai, jumpa.

-kirahfz

(Visited 211 times, 1 visits today)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.