Pojok Baik #8 | Introspeksi

pesan ringan ini aku tulis sebagai pengingat diriku sendiri, sebab aku pun masih harus terus belajar.

seperti pada postingan itu, penyakit hati memang bisa datang dari mana saja, dan kapan saja. ketika penyakit itu dibiarkan menggerogoti hati, maka yang ada hidup kita ini capek terus.

liat orang lain seneng, kitanya malah sebel, nggak terima.

liat orang lain yang abis nikah, kita emosi sendiri karena masih jomblo.

liat orang lain yang abis beli mobil baru, kita nggak seneng, trus mikir uangnya dari mana.

liat orang lain posting foto makanan, kita bilang pamer.

dan lain sebagainya.

astaghfirullaah… capek nggak sih?

padahal kita nggak tau hal yang sebenarnya, kan? kita nggak tau ujian-ujian apa yang pernah mereka alami dan selesaikan, sehingga yang mereka dapat saat ini adalah ‘hadiah’ dari Allah.

penyakit hati itu membuat otak kita dipenuhi pikiran-pikiran negatif. jadi, kalau udah gitu, ketika orang lain melakukan hal sebaik apapun, pasti yang terlintas di otak kita selalu yang buruk-buruk.

terlebih ketika kita mengetahui masa lalu seseorang, kemudian saat ini sudah hijrah, menjadi pribadi yang lebih baik, kalau hati kita terlanjur kotor, pasti nggak bisa terima dengan kondisi dia saat ini. pasti ngebanding-bandingin dengan dia yang kita ketahui dulu.

padahal kita tau, bahwa semua orang berhak hijrah. dan, bukankah semua punya masa lalu-nya masing-masing? bukankah semua punya aib?

maka, sudah seharusnya kita merangkul teman-teman kita yang sedang berusaha memperbaik diri. kita bantu tutup aib-aibnya di masa lalu. sebab masa lalu itu untuk dimaafkan, bukan untuk terus dihakimi.

cukuplah Allah yang menghakimi masa lalu-ku, kalian jangan.

*menghela napas panjang*

istirahatlah, wahai diri…

di awal tahun ini, yuk introspeksi diri!

kita tulis kembali target-target yang ingin kita capai, sembari terus berupaya mewujudkannya.

dan jangan lupa, usahakan untuk selalu membersihkan hati, agar hari-hari kita semakin menyenangkan. yaaa, senang, pada definisi sebenarnya. tidak capek-capek lagi mikirin orang lain yang bukan kapasitas kita, sehingga kita bisa fokus dengan target-target kita.

semoga Allah mudahkan segala urusan kita.

selamat istirahat.

sampai, jumpa.

– kirahfz.id

(Visited 99 times, 1 visits today)

Leave a Reply