Pojok Baik #4 | Subuh

apa kabar subuh kita, hari ini? aku selalu ingat dengan kalimat ini

aktivitas kita seharian ini, ditentukan dari bagaimana kita sholat subuh.

sholat subuh kan ibadah wajib yang paling awal, setelah kita bangun tidur. nah, di subuh itu sebenarnya kita semacam ditantang, mau gimana hari ini?

kalau mau slow-slow aja, ya subuhnya entar-entaran. tapi resikonya banyak, kalau kita nunda satu aktivitas, pasti aktivitas lain juga ikutan tertunda kan? jadi ya sampai nanti malem, pas udah mau tidur, itu baru kerasa kalau hari-harinya berantakan.

makanya, di postingan pojok baik sebelum ini, selain dengan memulai segala sesuatu dengan mengucap basmalah, kita juga perlu memperbaiki subuh kita, agar aktivitas kita selama seharian ini terjaga.

bener looh, enak kok bangun subuh-subuh tu. ya nggak usah buru-buru, pas bangun, usahain segera duduk. karena kalau masih tiduran, tapi udah melek, apalagi sambil pegang hp, ujung-ujungnya ya mager juga kan.

nah, kalau udah melek, jalan keluar sambil meregangkan otot-otot, trus ke kamar mandi deh. udah pernah cobain mandi sebelum subuhan? segerrr dan bikin nggak ngantuk setelah subuhan. ada banyak kok manfaat mandi pagi, mungkin kapan-kapan aku bahas di sini.

usahain jangan tidur lagi setelah subuhan yaa, coba ngapain gitu. kalau aku biasanya suka nyuci baju, kalau subuh gitu kosan masih sepi soalnya heuheuheu.

kebiasaan baik emang awalnya kudu dipaksa, jadi ya jangan lemah sama diri kita sendiri. paksain ajaa, nanti juga lama-lama terbiasa, dan nggak perlu dipaksa juga udah jalan sendiri.

tips biar bisa bangun subuh? yang paling utama adalah, tidurnya jangan lebih dari jam 10, kalau aku sih. jadi semisal ada tugas gitu, mending stop dulu ngerjain tugasnya, toh otak juga butuh rehat kaan. tidur dulu, nanti bangun lagi jam 3an, sholat malam dilanjutkan ngerjain tugas, biar nggak bablas subuhnya.

ada tips kedua nih, sebelum tidur selain membaca doa, coba deh minum air putih gitu. biasanya nanti bakal kebangun sendiri karena kebelet heuheuheu.

berani coba?


yuk, berproses bareng aku. kalau ada ide-ide menarik untuk aku posting di Pojok Baik, bisa langsung komentar di sini, atau kalau nggak mau ketahuan identitasnya bisa langsung kirim pesan di Sarahah-ku yaa! aku tunggu 🙂

sampai, jumpa!

– kirahfz.id

(Visited 280 times, 1 visits today)

Leave a Reply