Pojok Baik #10 | Melibatkan Allah

assalaamu’alaykum, teman-teman…

semoga kita tidak pernah lupa untuk senantiasa melibatkan Allah dalam setiap urusan kita.

seperti yang aku tulis di postingan instagram di atas, kita memang harus membiasakan diri untuk selalu meniatkan semua aktivitas kita sebagai ibadah, agar amal perbuatan kita bisa bernilai di akhirat. mungkin memang terlihat sepele, tetapi kalau tidak dibiasakan, yaa sulit.

berikut beberapa hal yang perlu kita perhatikan, agar aktivitas kita dapat bernilai ibadah.

  1. menata niat dengan benar
    setiap aktivitas yang kita lakukan harus disertai dengan niat yang benar, yaitu niat yang sesuai dengan  apa yang diperintahkan oleh Allah. makan dan minum akan bernilai ibadah apabila didahului niat bahwa dengan makan dan minum itu tujuannya adalah agar dirinya sehat dan kuat sehingga dapat beribadah kepada Allah.
  2. aktivitas yang dilakukan bukan termasuk yang dilarang oleh Allah
    bekerja dan beraktivitas dalam hal yang dilarang oleh agama bukanlah termasuk ibadah walaupun diniatkan untuk mencari nafkah demi anak dan istri, untuk beramal dan bersedekah dari hasil karya dan kerjanya itu. semua itu merupakan kemaksiatan dan dilarang oleh Allah.
  3. selama melakukan aktivitas harus tetap selalu mengingat Allah, bukan justru lalai ketika telah sibuk beraktivitas.
  4. setiap aktivitas yang dilakukan tidak melanggar batas-batas yang ditentukan syari’at islam, tidak zalim, tipu menipu atau merampas hak orang lain dan sebagainya.
  5. setiap aktivitas yang dilakukan hendaklah dilaksanakan dengan baik, sungguh-sungguh dengan tetap menjaga akhlak yang baik.

    “Sesungguhnya Allah menyukai seseorang diantara kamu yang ketika mengerjakan sesuatu perkara, dilakukan dengan tekun dan teliti.” (HR. Baihaqi)

sampai di sini, sudah cukup jelas kan? selagi belum terlambat, dan masih diberi kesempatan… yuk, mulai detik ini kita ubah kebiasaan kita dengan menjadikan setiap aktivitas sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah.

semoga Allah selalu memberikan taufik dan hidayah dalam setiap langkah kita.

semangat berproses.

 

sampai, jumpa.

-kirahfz

 

sumber: Dakwahyu

(Visited 94 times, 1 visits today)

Leave a Reply