Mengganti Playlist Musik dengan Murotal

haloo, selamat pagi… selamat menikmati hari ahad. sudah tilawah pagi ini?

kali ini mau bahas soal musik, yang akhir-akhir ini sudah mulai aku tinggalkan, aku ganti dengan memutar murotal. sebelumnya, temen-temen perlu ketahui kalau aku itu anaknya kudu banget denger sesuatu kalau lagi belajar, terlebih kalau lagi ngerjain skripsi seperti sekarang ini. tapi, kalau denger orang ribut, itu malah bikin bete -___- balada selama kuliah tinggalnya di kota, padat penduduk, selalu ramai, jadi yaaa susah konsentrasi. kebiasaan sekian belas tahun tinggal di desa, sepiii sekali heuheuheu.

oke, lanjuut.

buat temen-temen yang udah follow @kirahfz.id sejak kapan tahun, pasti ngerti kalau aku kebiasaan streaming radio. biasanya via jogjastreamers.com untuk dapat mengakses radio-radio di jogja, khususnya Swaragamafm.

nah, tapi sejak kapan aku lupa, aku mulai mengurangi kebiasaan itu. karena biasanya pasti laptop ini nyala terus buat muter radio. dulu bahkan sampai hafal jam-jam tiap acaranya ehehe. entah waktu itu hidayahnya datang lewat mana, pokoknya udah sejak sebelum ramadan tahun ini, aku mulai mengganti musik-musik itu dengan murotal. bukannya sok alim apa gimana sih ya, tapi rasanya emang beda… pas denger musik sama pas dengerin murotal. ademnya lebih adem, galaunya beda… kalau denger musik lebih ke galau gara-gara inget orang lain, tapi pas dengerin murotal galaunya itu galau dengan diri sendiri… udah ngapain aja selama ini 🙁

emang nggak bener-bener meninggalkan musik sih, karena kadang ya kangen. kangen dengerin album rahvayana, ya tetep aku dengerin sekali hehe biasanya bisa diulang-ulang kalau pas pengen denger, tapi sekarang denger sekali aja dah cukup. atau misal pas kangen hujan mata pisau, ya aku puter, dan emang bener-bener keinget seseorang yang jaauuuh di pulau seberang haha. ya intinya, aku tetep dengerin musik, cuman intensitasnya udah nggak sesering dulu.

dulu, pas tes sidik jari, aku ini katanya emang ada kemampuan di musik. tapi, orangtuaku nggak mau aku terjun ke musik, dengan alasan nanti aku terlena, trus lupa ibadah. yaa meski sebenernya tetep banyak ya yang main musiknya bagus, ibadahnya juga bagus… tapi ya gimana lagi, ibuk nggak seneng anaknya kayak gitu. makanya, dulu hampir seneng banget mau dibeliin gitar sama bapak, tapi ya ndak jadi… sampai hampir nekat mau beli sendiri buat di sini, alhamdulillah nggak jadi keturutan karena uangnya mending buat maem pecel mwehehe.

kalau untuk murotal, aku sebenernya udah ada satu album yang lengkap 30 Juz gitu. cuman, aku akhir-akhir ini dengerin satu surah yang emang aku seneng, bikin semangat, dan insyaAllah ada niatan buat hafalin itu. karena kebetulan babang reciter-nya tu suaranya enakeun, enak buat dihafal, jelas gitu. coba aja googling: Mishaari Raashid al-Aafaasee. itu insyaAllah yang bakal aku kenalin ke kirahfz jr, soon. karena udah diwanti-wanti sama niniknya, biar hafal quran :”)

itu tadi kalau pengen hafalan ya, kalau pas santai, pengen yang lebih syahdu, aku biasanya ke YouTube-nya Ammar TV. di situ ada buanyaaakk video murotal gitu. ya nggak aku tonton juga sih videonya, kok sela banget heuheuheu. jadi biasanya aku puter aja, trus aku tinggal ngerjain skripsi, atau nulis ini, atau nggambar. jadi, semoga, kids jaman now yang kemaren bilangnya patah hati waktu babang jem nikah, atau demen ama dedek emesh yang abis nikah juga, semoga nggak cuman sibuk kepoin akun mereka demi liat wajahnya (duh-___-), tapi juga demen dengerin murotal buat nyemangatin hari-harinya heuheuheu. ini salah satu contohnya yaa

dah, coba deh temen-temen ikutan cobain kebiasaan ini. awalnya emang kudu banget dipaksa, tapi insyaAllah kalau dah biasa, enakeun pisan. nanti, kalau dah saatnya insyaAllah aku bakal ceritain tentang satu surah yang sangat-sangat berarti buatku, yang favoritku banget lah. aku ceritain kenapa bisa suka sama surah itu, kenapa hampir tiap hari selalu aku baca, aku dengerin. ada yang mau nebak itu surah apa? free pulsa 50rb deh buat yang bisa bener nebaknya 🙂

boleh komentar di sini, atau via DM juga bisaa. clue-nya adalah, surahnya nggak panjang, pendek aja kok tapi lebih dari 10 ayat. dan aku pernah posting cuplikannya (berupa audio) di snapgram. termasuk surah di juz 30. heuheuheu.

selamat menebak.

[updated]

jawabannya adalah QS. Al Fajr

alhamdulillaah, udah ada yang berhasil nebaknyaaa. terima kasih ya sudah ikutan nebak, insyaAllah nanti bakal aku adain beginian lagi ehehe.

sampai, jumpa.

– kirahfz

(Visited 448 times, 1 visits today)

8 thoughts on “Mengganti Playlist Musik dengan Murotal

Leave a Reply